Inilah Manfaat Lengkap Cabe untuk Kesehatan KIta yang Harus Diketahui

Tidak dapat dipungkiri selain memiliki rasa yang pedas ternyata cabe juga memiliki berbagai manfaat yang bagus untuk kesehatan kita. Berbagai manfaat cabe ini tersebut dikarena banyaknya kandungan gizi yang ada di dalamnya. 

Pada umumnya masyarakat hanya mengetahui bahwa tanaman ini hanya dikenal sebagai pelengkap bumbu masakan tanpa mengetahui berbagai macam khasiat yang ada didalamnya. Selain cabe juga terdiri dari berbagai macam dan jenis seperti cabe keriting, cabe rawit, dan lain-lain.

Inilah Manfaat Lengkap Cabe untuk Kesehatan KIta yang Harus Diketahui, manfaat cabe merah, manfaat cabe setan, manfaat cabe rawit untuk kecantikan, manfaat cabe hijau, manfaat makan cabe rawit mentah, manfaat cabe jawa, manfaat cabe kering, manfaat cabe rawit untuk rambut

Dan untuk mengetahui berbagai manfaat cabe tersebut maka disini akan diulas mengenai tanaman ini mulai dari kandungan yang ada di dalamnya dan khasiatnya.

Kandungan Cabe yang Perlu Diketahui

Cabai yang biasa dikenal sebagai bumbu masakan dengan cita rasa yang pedas memiliki berbagai kandungan Gizi, vitamin dan zat lainnya dibutuhkan oleh tubuh.

Inilah rincian kandungan gizi pada cabe untuk setiap per 100 gram.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Cabe yang Ada di Indonesia

- Kadar air 90,9%
- Kalori 31,0 kal
- Protein 1,0 g
- Lemak 0,3 g
- Karbohidrat 7,3 g
- Kalsium 29,0 mg
- Fosfor 24,0 mg
- Besi 0,5 mg
- Vitamin A 470 SI
- Vitamin C 180,0 mg
- Vitamin B1 0,05 mg
- Air 71,20 g
- Berat yang dapat dimakan 85%

Inilah Manfaat Lengkap Cabe untuk Kesehatan KIta yang Harus Diketahui, manfaat cabe merah, manfaat cabe setan, manfaat cabe rawit untuk kecantikan, manfaat cabe hijau, manfaat makan cabe rawit mentah, manfaat cabe jawa, manfaat cabe kering, manfaat cabe rawit untuk rambut

Manfaat Cabe untuk Kesehatan

Dengan banyaknya kandungan gizi tersebut ternyata cabe memiliki berbagai manfaat kesehatan. Manfaat cabe tersebut sangat beragam mulai dari obat luar sampai untuk obat dalam.

- Seperti pada info diatas bahwa cabe rawit mengandung berbagai daftar senyawa kimia turunan tanaman yang berfungsi untuk pencegahan penyakit dan kesehatan.

- Cabai mengandung senyawa alkaloid, capsaicin, yang menjadikan karakter cabe menjadi pedas yang kuat. Selain itu dari atudi laboratorium awal pada mamalia eksperimental telah menunjukkan bahwa capsaicin memiliki berbagai sifat seperti anti-bakteri, anti-karsinogenik, analgesik dan anti-diabetes.

- Cabai segar, cabe merah dan cabe hijau sangat kaya akan sumber vitamin C. Untuk setiap 100 g cabai segar didalamnya terkandung sekitar 143,7 μg atau sekitar 240% RDA. 

Vitamin C sendiri adalah antioksidan yang larut dalam air dan sangat penting untuk sintesis kolagen di dalam tubuh manusia. Dan Kolagen merupakan salah satu protein struktural utama yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga integritas pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. 

Dengan mengkonsumsi makanan secara teratur yang kaya akan vitamin C maka akan membantu melindungi dari penyakit kudis, mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi (meningkatkan kekebalan tubuh), dan mengurangi radikal bebas pro-inflamasi berbahaya dari tubuh.

- Cabe juga mengandung beberapa antioksidan lain seperti vitamin A, dan flavonoid seperti β-karoten, α-karoten, lutein, zeaxanthin, dan cryptoxanthin. Zat antioksidan ini dalam capsicum membantu melindungi tubuh dari dampak buruk radikal bebas yang dihasilkan selama stres, kondisi penyakit.

- Cabe memiliki beberapa sumber mineral seperti potasium, mangan, besi, dan magnesium. 
Kalium merupakan komponen penting cairan sel dan tubuh yang dapat membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. 
Mangan berperan sebagai co-factor untuk enzim antioksidan, superoxide dismutase.

- Cabai juga sangat baik dalam kelompok vitamin B kompleks seperti niasin, piridoksin (vitamin B-6), riboflavin dan thiamin (vitamin B-1). Dan vitamin ini sangat penting sebagai sumber energi dari luar tubuh.

- Cabe bermanfaat untuk meredakan pilek dan hidung tersumbat. Hal ini dikarenakan cabe mengandung zat capsaicin yang dapat mengencerkan lender, sehingga lendir yang tersumbat dalam rongga hidung akan menjadi lebih encer dan dapat keluar dengan mudah. Dan ini berlaku juga untuk sinusitis dan juga batuk berdahak.

- Cabe dapat memperkecil risiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantungkoroner. Dengan mengkonsumsi capsaicin secara rutin maka darah akan tetap encer dan kerak lemak pada pembuluh darah tidak akan terbentuk.

Sehingga peredaran darah akan mengalir dengan lancar. Selain itu cabe juga berkhasiat mengurangi terjadinya penggumpalan darah (trombosis).

- Cabai dapat meningkatkan nafsu makan Karena kandungan capsaicin yang dapat merangsang produksi hormon endorphin, sehingga mampu membangkitkan rasa nikmat dan kebahagiaan.

- Cabe bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan sebagai antibiotik alami.

- Cabe juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa digunakan untuk mengatasi ketidaksuburan (infertilitas), afrodisiak, dan memperlambat proses penuaan.

- Manfaat lainnya dari cabe adalah untuk obat luar ketika terserang penyakit rematik, mengobati sakit perut dan kedinginan, dapat menunda kerentanan tubuh serta memperkuat jantung, nadi, dan syaraf.

Itulah setidaknya beberapa manfaat lengkap yang terkandung dalam cabe untuk kesehatan serta manfaat lainnya yang belum banyak orang ketahui. Dengan informasi ini maka kita mengetahui bahwa dibalik rasa pedas cabai ternyata terdapat berbagai manfaat lainnya berguna untuk kesehatan.




Komentar

Postingan Populer