Inilah Manfaat LENGKAP Garam untuk Tanaman Cabe beserta Dosis yang Tepat

Berbicara tentang tanaman cabe, mungkin bagi orang awam belum banyak yang mengetahui bahwa garam sangat bermanfaat untuk tanaman cabe. Manfaat garam untuk tanaman cabe sangat kompleks, untuk itu bagi para petani cabe atau yang ingin menanam cabai sebaiknya ketahui terlebih dahulu manfaat dan dosis garam untuk tanaman cabe agar bisa tumbuh secara maksimal.

Umumnya kita mengetahui bahwa garam itu hanya dimanfaatkan untuk masakan padahal apabila digunakan dengan dosis yang tepat maka tanaman cabe yang ditanam dapat tumbuh sehat. Karena memang garam memiliki banyak manfaatnya untuk tanaman khususnya tanaman cabe. 

Dan untuk mengetahui secara lengkap mengenai manfaat garam untuk tanaman cabe maka simak ulasannya disini.

Manfaat Lengkap Garam Untuk Tanaman Cabe beserta Dosisnya

Dalam rumus kimia, Garam (NaCl) merupakan gabungan dari dua unsur, yaitu Na (Natrium) dan Cl (Clor). Dengan kandungannya tersebut maka garam dapat dijadikan sebagai bahan tambahan untuk membantu tanaman cabe agar tumbuh secara maksimal.

Inilah Manfaat LENGKAP Garam untuk Tanaman Cabe beserta Dosis yang Tepat, dosis garam dapur untuk tanaman cabe, dosis garam untuk tanaman cabe, takaran garam untuk tanaman cabe, cara menggunakan garam pada tanaman cabe, cara menggunakan garam untuk tanaman cabe, manfaat air garam untuk tanaman, dosis garam untuk cabe, dosis pemberian garam pada tanaman


Baca Juga: Cara Membuat Bibit Cabe Hibrida Unggul
                    Manfaat Cabe untuk Kesehatan

1. Menetralkan Tanah Alkali atau Basa

Manfaat garam yang pertama untuk tanaman cabe adalah untuk menetralkan tanah alkali atau basa. Dengan menambahkan garam dengan takaran yang pas maka kadar keasaman tanah akan menjadi netral yakni tidak terlalu asam, dan tidak terlalu basa.

2. Dapat Memenuhi Kebutuhan Tanaman Cabe

Seperti yang disebutkan tadi bahwa garam mengandung unsur Natrium dan Klorida. Dengan adanya kedua unsur tersebut maka kebutuhan akan unsur makro tanaman cabe dapat terpenuhi sehingga bermanfaat untuk pertumbuh dan perkembangan tanaman cabe.

3. Garam Bermanfaat Menggantikan Kebutuhan Kalium untuk Tanaman Cabe

Manfaat Garam untuk tanaman cabe berikutnya adalah untuk memenuhi kebutuhan akan kalium bagi tanaman. Dan kebutuhan kalium tersebut dapat digantikan dengan penambahan unsur Natrium dan Klorida yang ada pada garam.

4. Garam dapat Menyuburkan tanah

Dengan adanya kandungan Natrium dan Klorida pada garam maka dapat meningkatkan kesuburan tanah karena bisa menambah kadar mikroorganisme dalam tanah seperti, bakteri dan cacing. Selain itu dengan menambahkan garam maka area tanam menjadi lebih subur secara alami.

Unsur garam yakni NaCl mampu membantu menyuburkan tanah  secara alami sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang. Hal ini tentunya berbeda dengan penggunaan pupuk buatan (anorgnaik) yang mengandung banyak zat-zat kimia. Dan dampat dari penggunaan pupuk anorganik yang berlebihan secara terus menerus juga akan merusak kesuburan tanah dalam jangka panjang.

Untuk itu penambahan unsur garam pada tanaman cabe secara tidak langsung dapat meningkatkan kesuburan tanah. Bahkan apabila dosis garam untuk tanaman cabe sudah tepat maka kesuburan tanah bisa berdampak dalam jangka panjang.

5. Dapat Meningkatkan Ketahanan Tanaman Cabe

Manfaat garam untuk tanaman cabe lainnya adalah untuk menambah daya tahan cabai. Peningkatan daya tahan ini dapat membantu tanaman cabe untuk tidak mudah terserang oleh penyakit atau gangguan hama lainnya. 

Beberapa penyakit cabe yang dapat dihindari dengan penambahan garam adalah kerontokan pada cabe, penyakit busuk pada daun dan cabe, penyakit kriting dan lain sebagainya.

Dengan memanfaatkan garam untuk tanaman cabe maka dapat membunuh atau mengatasi penyebab dari penyakit tersebut seperti jamur dan bakteri yang menyerang tanaman. Dengan begitu tanaman cabai dapat terlindungi karena memiliki sistem kekebalan yang alami.

6. Garam dapat Mencegah Tanah Menjadi Kering

Untuk meminimalisir kegagalan tanaman cabe pada saat musim kemarau maka dapat disiati dengan memanfaatkan garam. Dengan takaran garam untuk tanaman cabe yang tepat berfungsi untuk menjaga kandungan air di dalam tanah. Sehingga tanah tersebut dapat terhindar dari kekeringan.

7. Memperkuat Akar Tanaman Cabe

Penambahan bahan garam untuk tanaman cabe juga bermanfaat untuk memperkuat akar tanaman. Hal ini dikarenakan kebutuhan tanaman cabe sudah tersedia di dalam tanah yang ditambah unsur garam.

Dengan adanya akar tanaman yang kuat maka tanaman dapat berdiri dengan tegak bisa menyimpan cadangan makanan dengan baik sehingga tanaman menjadi lebih subur.

Beberapa manfaat garam untuk tanaman cabe diatas tidak akan bisa maksimal apabila takaran garam untuk tanaman cabe tidak tepat. Pemberian dosis garam untuk tanaman cabe sebaiknya dengan takaran 2 sendok garam dapur untuk 1 liter air. Bisa juga bisa langsung taburkan garam di sekeliling tanaman cabe.

Sebaiknya berikan pupuk garam pada tanaman cabe selama 2 minggu sekali atau pada saat umur tanaman cabe berusia 3 sampai 4 minggu paska tanam, dan sampai tanaman cabe tersebut berbunga. Proses pemberian garam mulai dihentikan sejak muncul bunga pertama kali.

Komentar

  1. Untuk pembibitan bagaimana cara menambah grm,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemberian garam dilakukan saat usia tanaman sudah berusia 3 -4 minggu. Dosis pemberian garam hanya 2 sdm (diambil dari campuran garam dan air) untuk satu tanaman.

      Hapus
  2. Saya cb barusan saya semprot km ke tanaman cabe,,,mlh daun layu kyk kena air panas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang cabe nya masih hidup kak ?

      Hapus
    2. Sebisa mungkin jangan disemprotkan ke tanamannya, tetapi di bagian tanahnya.

      Hapus
    3. Tadi siang Saya sudah semprot kan air garam k lahan cabe saya dengan takaran1liter air 2sendok makan garam apa itu sdah betul ya?

      Hapus
    4. jangan lakukan penyiraman terlalu sering, minimal penyiraman setiap 2 minggu sekali

      Hapus
  3. Bagaimana cara pemakaian garam pada tanaman cabe rawit umur 3 Minggu sesudah penanaman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara pemakainan garam dapur untuk tanaman cabe bisa dilakukan dengan mencampur 2 sdm garam dengan 1 liter air. Setelah itu lakukan penyiraman setiap 2 minggu sekali. Penyiraman hanya pada bagian tanahnya BUKAN PADA TANAMAN CABE

      Hapus
  4. Saya pengin tau bngt. Tanaman cabe saya umur 3 minggu sudah saya kocor pake pukim/pupuk kimia 4 hri yg lalu. Yg saya pngin tau apakah klo di kocor pake garam pukim trsebut masih berfungsi/tidak netral

    BalasHapus
  5. Kalo air garam disiramkan ke tanah yg akan ditanam cabe itu gimana ya bg????

    BalasHapus
  6. Pake micin atau ajinomoto pun mantap...dosis sama seperti pake garam

    BalasHapus
  7. Cara pemupukan garam sbb :
    Buat campuran induk dg cara larutkan 1kg garam grosok dg 5liter air.

    Dosis aplikasi campurkan 2sdm (10ml) dari induk tsb dg 1liter air.
    Kocor pada media tanaman (cabe) kira kira 150ml pertanaman.
    Tanaman keras seperti kelapa dls kondisional.

    BalasHapus
  8. Kalo untuk menetralkan tanah yg masam apa bisa garam di campur dengan Ajinomoto ?dan caranya gimana,,

    BalasHapus
  9. Bisa nggak jika Garam di campur bersamaan dgn Ajinomoto

    BalasHapus
  10. Apa kah bisa pake pupuk garam setelah umur cabe sy 6 bulan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer