Tips Cara Membuat dan Memilih Benih Tanaman Cabe Rawit Unggul

Ketika akan membuat benih tanaman cabe rawit dengan kualitas unggul secara manual tidak boleh sembarangan. Cara pemilihan dan pembuatan benih cabe rawit ini harus melalui tahap-tahap seleksi yang benar uny0tuk mendapatkan bakal benih yang sesuai dengan harapan.

Untuk itu agar mendapatkan bakal benih yang berkualitas baik maka tips cata membuat dan memilih benih tanaman cabe rawit unggul ini bisa dijadikan acuan. Pastikan ikutin semua saran yang ada di dalam tips pembuatan dan pemilihan bibit cabe disini untuk menghasilkan tanaman cabe yang unggil dan tahan terhadap serangan penyakit.

Tips Cara Membuat dan Memilih Benih Tanaman Cabe Rawit Unggul
Cara Membuat Benih Cabe Rawit Unggul

Tips Cara Membuat dan Memilih Benih Tanaman Cabe Rawit Unggul 

Pembuatan benih cabe unggul secara manual atau dilakukan sendiri tidak boleh sembarang karena Anda harus memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi proses budidaya cabe nantinya.

Cara budidaya cabe rawit dengan proses pemilihan dan pembuatan bibit cabe secara manual ini ditujukan untuk menekan biaya produksi cabe agar tidak terlalu membengkak.

Baca Juga : 6 Jenis Benih Cabe Kariting Terbaik dari Varietas Cabe Hibrida

Untuk bisa membuat dan memilih benih tanaman cabe rawit unggul sebaiknya melihat beberapa tips berikut ini agar hasil panen nantinya tidak mengecewakan.

1. Pilih Indukan dari Tanaman Cabe Rawit

Pemilihan indukan dari tanaman cabe yang akan digunakan harus dalam kondisi sehat dan kuat. Indukan ini bisa mengambil dari tanaman cabe yang sudah masuk panen ketiga keatas untuk mendapatkan indukan unggul.

Sebagai informasi bahwa tanaman cabe rawit bisa panen lebih dari 3x dalam setahun. Dalam fase panen tahun pertama tersebut biasanya buah cabe yang dihasilkan tidak terlalu banyak. Dan pada masa panen berikutnya hasil panen tanaman cabe akan lebih banyak akan tetapi ukuran buah menjadi lebih kecil.

2. Pilih Buah Cabe Terbaik

Tips berikutnya untuk cara membuat dan memilih benih atau bibit tanaman cabe unggul adalah dengan memilih buah cabe yang memiliki kualitas bagus. Bakal benih cabe unggul terlihat dari bentuk buah yang sempurna tanpa ada cacat sedikitpun yang membekas.

Langkah selanjutnya untuk cara membuat benih cabe adalah dengan membiarkan buah tersebut mengering dan menua dengan sendirinya. Jadi pastikan proses ini terjadi secara alami.


3. Proses Pemisahan Bibit Cabe Rawit

Pada proses pembuatan bibit cabe yang sudah dipilih adalah dengan mulai membelah buah cabe yang sudah mengering tersebut. Ketika membuat benih cabe rawit ini sebaiknya buah cabe dibelah dengan arah membujur pada kulit buah.

Selanjutnya pisahkan biji cabe dengan kulit buah dan pilih benih cabe yang menempel pada bagian tengah. Pemilihan benih cabe dibagian tengah dikarenakan bibit cabe ini merupakan benih cabe yang memiliki kualitas terbaik. Jadi sebisa mungkin abil bibit cabe yang menempel di bagian tengah cabe.

4. Proses Pembuatan Benih Cabe Sebelum ditanam

Pada proses pembuatan benih cabe sebelum mulai masa tanam bisa dilakukan dengan cara melalui dua tahap. Tahapan yang harus dilalui sampai pada masa tanam untuk membuat benih cabe rawit adalah dengan mengikuti prosedur berikut ini.

- Bersihkan Bakal Benih Cabe Rawit
Ketika akan membersihkan bakal cabe rawit, tips caranya adalah dengan merendam semua benih cabe tersebut dari kotoran yang menempel. Pada tahap membuat benih atau bibit cabe ini harus menggunakan larutan air bersih untuk mendapatkan benih yang berkualitas.

Pada saat proses perendaman biasanya terdapat benih cabe yang mengapung. Sortir atau pilih benih cabe yang terendam saja, sedangkan yang terapung jangan digunakan. Alasan pemilihan benih tersebut untuk mendapatkan bakal bibit tanaman cabe rawit yang berkualitas bagus.

Baca Juga : Cara Membuat Bibit Cabe Hibrida Unggul

- Penjemuran Bakal Benih Cabe Rawit
Berikutnya setelah benih cabe rawit dibersihkan dan dipilih adalah masuk ke tahap penjemuran bibit cabe. Proses penjemuran bisa dilakukan dengan cara menaruh semua benih cabe tersebut ditempat terbuka.

Anda bisa menggunakan tampan sebagai media penempatan benih cabe. Waktu menjemur bakal bibit tanaman cabe rawit yang benar adalah dengan masa waktu penjemuran selama 3 hari dengan kondisi cuaca cerah. Apabila prose penjemuran dalan kondisi cuaca tidak cerah maka masa penjemuran bisa mencapai 4 sampai 6 hari.

Note:
- Apabila ingin membuat bibit cabe organik maka pada proses perendaman gunakan fungisida untuk membersihkan bibit cabe rawit dari jamur dan penyakit lainnya.

- Sedangkan untuk pembuatan cabe yang akan digunakn dalam waktu jangka panjang maka tips cara membuat benih tanaman cabe unggul adalah dengan cara memperhatikan kondisi kadar air yang ada di dalam bibit cabe. Pastikan kadar air benar-benar kering sehingga nantinya biji yang digunakan bisa melalui proses dormansi.

Proses dormansi ini adalah proses masa tidur tanaman. Jadi dengan begitu bibit cabe dapat disimpan lebih dari 2 tahun sebelum akhirny ditanam.

Itulah setidaknya tips yang harus diperhatikan ketika akan membuat dan memilih benih tanaman cabe rawit unggul yang tahan terhadap penyakit. Cara membuat benih atau bibit tanaman cabe rawit ini bisa Anda gunakan ketika ingin mendapatkan tanaman cabe rawit dengan kualitas terbaik.

Komentar

Postingan Populer