Inilah 6 Benih Cabe Keriting Terbaik dari Varietas Cabe Hibrida

Berbicara tentang benih cabe keriting terbaik memang sangat sukar untuk ditentukan. Hal ini disebabkan benih cabe keriting terbaik itu belum tentu menjadi yang terbaik jika ditanam di tempat yang memiliki suhu, kondisi tanah, dan faktor lainnya yang berbeda. Perbedaan inilah yang membuat benih cabe kriting terbaik sangat sulit untuk ditemukan.

Sepintas mengenai varietas benih cabe keriting unggul atau terbaik secara garis besar dibedakan menjadi dua golongan benih cabe keriting. Dua golongan benih cabe keriting tersebut adalah benih cabe keriting lokal dan benih cabe keriting hibrida. Dari kedua golongan tersebut ternyata banyak yang berasumsi bahwa bibit atau benih tanaman cabe keriting hibrida lebih unggul daripada benih tanaman cabe lokal.

Dengan pernyataan tersebut dapat dikatakan bahwa untuk benih tanaman cabe keriting yang terbaik adalah dari golongan tanaman cabe hibrida. Pemilihan benih cabe keriting terbaik ini didasarkan atas keunggulan benih cabe hibrida yang lebih responsif terhadap pemupukan sehingga pertumbuhan dari benih cabe keriting hibrida menjadi lebih cepat. 

Selain itu untuk masa panen dari tanaman cabe keriting terbaik dari cabe hibrida ini bisa menghasilkan produksi per satuan luasnya daripada hasil dari produksi penanaman benih tanaman cabe keriting yang lokal.

Dengan banyaknya keunggulan tersebut maka bukan tidak mungkin untuk harga benih tanaman cabe unggul terbaik dari jenis cabe keritingnhibrida ini memiliki harga yang relatif lebih tinggi dipasaran dibandingkan dengan jenis benih cabe kriting lokal. Walaupun harga benih cabe keriting hibrida lumayan mahal. Hal ini bukan berarti menanam tanaman cabe keriting hibrida akan mengalami kesulitan secara finansial.


Benih cabe keriting kualitas terbaik, benih cabe keriting tahan virus


Harga benih cabe keriting hibrida ini memang sebanding dengan hasil tanaman cabe keriting hibrida yang memiliki masa pertumbuhan yang lebih cepat dan hasil produksi per satuan luasnya yang melebihi dari varietas cabe keriting lokal. Karena dengan harga benih cabe keriting tersebut akan ditutup dengan selisih keuntungan dari kelebihan hasil produksi yang ada.

Banih cabe keriting kualias terbaik dari jenis hibrida sebenarnya sudah banyak mengembangkannya. Salah satu produsen pengembang benih cabe keriting lokal menjadi benih cabe keriting hibrida adalah dari produsen East West Seed, Seminis Yang, Chia-Thai Seed (Tanindo), Oriental Seed dan Evergrow Seed (Taiwan).

Dari beberapa produsen tersebut telah menghasilkan benih cabe keriting terbaik dari varietas cabe kriting hibrida dan telah dikembangan di Indonesia.  Dan berikut Varietas Cabe Keriting Hibrida baru dan terbaik tersebut.


Varietas Benih Cabe Keriting Hibrida Terbaik

Varietas benih cabe keriting terbaik ini setidaknya memiliki beberapa sifat dan kriteria yang masing-masing berbeda dengan satu yang lainnya. Dan untuk mengetahui lebih lanjut tentang varietas benih cabe keriting hibrida dengan kualitas terbaik tersebut, mari kita sama-sama melihat pembahasannya berikut ini.

Baca Juga: Manfaat Lengkap Garam untuk Tanaman Cabe
                    Inilah Manfaat Cabe untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

1. Benih Cabe Keriting Hibrida BOXER

Benih tanaman cabe keriting untuk varietas hibrida dari jenis BOXER ini merupakan tipe tanaman cabe dengan percabangan lateral yang berimbang. Selain itu untuh buah cabe yang dihasilkan akan sangat lebat dengan ukuran buah standar dari cabe keriting.

Sifat lainnya yang ada pada varietas tanaman cabe keriting hibrida ini adalah rasa pedasnya yang sangat tinggi. Untuk tingkat kepedasan dari tanaman cabe keriting hibrida dari jenis BOXER memiliki tingkat kepedasan 50.000 SHU (Scofield Heating Unit). Tingkat kepedasan yang dimiliki cabe keriting hibrida ini hampir menyamai dari tingkat kepedasan cabai rawit yang mencapai 55.000 SHU.

Setelah melihat keunggulan dari segi bentuk, ukuran serta tingkat kepedasan dari varetas tanaman cabe keriting hibrida diatas. Ternyata untuk varietas cabe kriting hibrida ini juga memiliki kelebihan lainnya yaitu dari tingkat produksi yang dihasilkan. 


Kelebihan dari produksi cabe keriting hibrida ini terletak pada masa panen yang sangat cepat yakni dapat dipanen hanya pada umur 75 - 80 HST (Hari Setelah Tanam). Selain itu tanaman jenis cabe keriting hibrida ini juga dapat tumbuh di dataran rendah.

Sedangkan untuk ketahanannya terhadap virus juga sangat kuat karena memang untuk varietas cabe keriting hibrida ini relatif tahan terhadao serangan virus yang daoat menggangu produksi tanaman cabe.


2. Benih Cabe Keriting KASTILO

Benih cabe keriting untuk varietas cabe hibrida berikutnya adalah dari jenis cabe keriting hibrida KASTILO. Tanaman cabe keriting ini sangat cocok ditanam di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi. Untuk bentuk dari tanaman cabe yang dihasilkan dari benih cabe keriting hibrida jenis ini ialah berbentuk tegak dengan ukuran huah standar dari ukuran cabe keriting pada umumnya.

Sedangkan untuk keunggulan dari tanaman cabe keriting jenis KASTILO dari varietas cabe hibrida ini adalah kemampuannya yang bisa tahan terhadap penyakit layu yang disebabkan oleh bakteri Phytophthora. Selain itu untuk tingkat produksi yang dihasilkan dari benih cabe keriting varietas ini bisa mencapai 1,5 Kg per tanaman cabe kriting. Dan untuk masa panen dari tanaman cabe keriting hibrida jenis KASTILO dapat dipanen pada saat tanaman cabe keriting berumur 107 HST (Hari Setelah Tanam).


3. Benih Cabe Keriting TM-999

Benih cabe keriting berikutnya dari varietas cabe hibrida adalah jenis cabe keriting TM-999. Keunggulan dari benih cabe keriting hibrida jenis TM-999 ini memiliki pertumbuhan cabe yang sangat kuat. Hal ini terlihat dari masa tanaman berbunga yang dapat berlangsung secara terus-menerus. 

Sehingga untuk hasil produksi dari tanaman cabe keriting hibrida jenis ini dapat dipanan dalam jangka waktu yang panjang. Tingkat produktivitas dari tanaman cabe keriting jenis ini bisa mencapai 0.8 sampai dengan 1.2 Kg.

Sedangkan untuk ukuran buah yang dihasilkan dari varietas benih cabe keriting hibrida jenis TM-999 memiliki ukuran buah cabe dengan dimensi 12.5 cm dengan berat 5 sampai 6 gram per buah. Selain itu untuk tingkat kepedasannya juga sudah tidak diragukan lagi. Dan untuk pengolahan hasil produksi dari cabe keriting hibrida ini sangat cocok untuk digiling dan dikeringkan agar dapat hasil ekstraksi cabe keriting yang berkualitas.

4. Benih Cabe Keriting LADO

Benih cabe keriting hibrida lainnya adalah jenis LADO. Tanaman cabe keriting ini memiliki tampilan bentuk yang menyerupai bentuk cabe keriting lokal pada umumnya. Namun untuk ukuran buahnya agak berbeda yakni memiliki ukuran buah cabe yang lebih besar.

Sedangkan untuk kemampuan beradaptasi juga sangat baik dengan daerah tanam yang berada di dataran rendah. Untuk produktivitas yang dihasilkan oleh benih dari cabe keriting LADO cukup tinggi yaitu untuk produksi per hektar tanaman cabe keriting jenis ini dapat menghasilkan 18 sampai dengan 20 ton per hektar. 


Untuk masa penen dari tanaan cabe kriting hibrida jenis ini dapat dilakukan pada saat umur cabe keriting sudah mencapai 115 - 120 HST (Hasil Setelah Tanam).


5. Benih Cabe Keriting PRINCESS

Benih cabe keriting hibrida berikutnya adalah jenis cabe keriting hibrida PRINCESS. Pada jenis ini tanaman cabe dapat dibudidayakan di daerah dataran rendah sampai dataran tinggi. Dan untuk perawatan tanaman cabe keriting jenis PRINCESS juga tidak begitu sulit.

Tipe tanaman yang dihasilkan dari benih cabe keriting hibrida ini memeliki tipe tanaman cabe yang tegak dan kuat. Selain itu tanaman cabe keriting jenis ini juga sangat tahan terhadap penyakit layu. Bentuk dari buah cabe yang dihasilkan dari tanaman cabe keriting ini memiliki panjang buah kurang lebih 13.5 cm dengan diameter kurang lebih 0.7 cm.

Sedangkan untuk potensi hasil panen yang dihasilkan dari benih cabe keriting ini bisa mencapai 25 ton per hektar. Dan untuk masa panen dari cabe keriting hibrida yang satu ini dapat dilakukan pada saat umur tanaman cabe keriting sudah mencapai 80 - 85 HST (Hari Setelah Tanam). Keunggulan lainnya dari tanaman cabe keriting ini terletak pada ketahanannya pada saat hasil buah cabe keriting ini disimpan saat dilakukan proses pengangkutan.


6. Benih Cabe Keriting CTH-01

Benih cabe keriting hibrida yang terakhir ini adalah jenis CTH-01. Hasil dari tanaman cabe keriting jenis ini sangat berbeda dengan yang lainnya karena memiliki bentuk cabe yang benar-benar keriting. Selain itu varietas tanaman cabe keriting ini juga dapat beradaptasi dengan baik di daerah dataran rendah sampai dataran tinggi.

Untuk perawatan tanaman cabe keriting jenis ini juga sangat mudah. Sedangkan untuk bentuk tanaman cabe yang dihasilkan dari benih cabe keriting hibrida ini memiliki bentuk tanaman yang tegak dengan bentuk buah cabe keriting dengan panjang kurang lebih 13 cm dan diameter buah cabe sekitar 0.6 cm serta memiliki rasa yang sangat pedas.

Produktivitas yang dihasilkan dari benih cabe keriting hibrida ini bisa mencapai sekitar 20 ton per hektar dengan masa panen tanaman cabe keriting yang bisa dilakukan pada saat umur tanaman cebe sudah mencapai sekitar 85 HST(Hari Setelah Tanam).

Dengan informasi tentang benih cabe keriting terbaik dari varietas tanaman cabe hibrida diatas setidaknya dapat membantu kita para petani untuk mengetahui lebih jauh jenis-jenis tanama cabe yang dihasilkan dari varietas cabe hibrida.

Komentar

Postingan Populer